Ditengah tuntutan pekerjaan yang semakin kompleks, stress saat kerja tidak dapat dihindari terutama ketika deadline semakin mendekat. Sehingga akan menambah beban mental dan akan mempengaruhi kualitas kerja.
Namun, tahukah Anda bahwa ada alat sederhana yang dapat meminimalisir stres yang datang? Alat itu adalah to-do list. Walaupun sering dianggap remeh, ternyata membuat daftar kerja dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental.
Mengapa Stres Kerja Muncul
Stress sering kali dialami oleh banyak pekerja, terutama ketika mendekati deadline, ketidakjelasan prioritas, atau bahkan rasa tertekan dengan pekerjaan. Jika terus dibiarkan, maka dapat menyebabkan penurunan produktivitas maupun kelelahan mental. Oleh karena itu, membuat rencana kerja harian dalam bentuk to-do list dapat meminimalisir stress yang mungkin dialami.
Bagaimana To Do List Menjadi Solusi?
Dengan adanya to-do list, itu berarti dapat meningkatkan rasa kontrol terhadap seluruh tugas yang ada. Namun tak hanya itu saja, to-do list juga memberikan dampak yang positif seperti:
1. Meningkatkan Rasa Kontrol
Salah satu pemicu stress, biasanya dapat datang ketika seorang lepas kontrol dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga, dengan adanya to-do list ini dapat membantu dalam memberikan gambaran yang jelas agar seluruh pekerjaan dapat lebih terkontrol.
2. Mengurangi Beban Kognitif
Walaupun otak manusia dapat menyimpan memori yang cukup besar. Namun, untuk memproses informasi secara bersamaan akan membuat kinerja otak yang semakin terbebani. Dengan demikian, mencatat ke dalam to-do list dapat membantu dalam mengurangi beban kognitif. Selain itu, juga memudahkan dalam proses pemantauan terhadap tugas-tugas.
3. Membantu Membuat Prioritas
Setiap tugas maupun project, pastinya memiliki tingkat urgensi yang berbeda-beda. Sehingga, to-do list yang ditulis tidak akan menjadi sekedar daftar saja, tetapi untuk memprioritaskan tugas berdasarkan kategori tertentu misalnya deadlin maupun proses pengerjaannya.
4.Memberikan Rasa Pencapaian
Melalui penggunaan to-do list, Anda dapat melihat secara real-time tugas-tugas mana yang sudah dikerjakan ataupun belum. Hal itu biasanya dilakukan dengan memberikan tanda centang atau menghapusnya dari daftar tugas. Sehingga, ketika tugas tersebut semakin sedikit, akan memberikan rasa pencapaian yang lebih positif dan membuat Anda semakin produktif.
5. Meningkatkan Fokus
Dengan pengerjaan yang terstruktur, memungkinkan Anda dapat memiliki panduan yang jelas seperti apa yang harus dikerjakan selanjutnya. Sehingga mendorong untuk tetap fokus pada pekerjaannya tanpa harus memikirkan banyak hal.
Kesimpulan
Membuat to-do list pada pekerjaan bukan hanya tentang mencatat tugas saja, tetapi juga dapat membantu memantau tugas agar tidak kaget ketika deadline mendekati. Oleh karena itu, to-do list menjadi alat yang paling efektif dalam mengurangi rasa stres pada pekerjaan.
Jika Anda ingin menggunakan to-do list secara digital, Anda dapat memilih aplikasi pengelolaan proyek seperti ClickUp untuk membantu dalam mengatur dan memantau tugas secara lebih terstruktur. Dengan beragam fitur seperti penetapan deadline, pengingat, atau bahkan pembagian tugas dengan anggota lainnya.