Kunci utama dalam produktivitas tentunya adalah manajemen waktu yang lebih baik. Tentunya, Anda sudah tidak asing kan dengan to-do list yang dapat membantu dalam mengatur tugas sesuai keinginan. Namun tidak hanya, mencatat seluruh tugas saja, tetapi dapat memprioritaskan sesuai dengan urgensi atau tingkat kepentingannya. Berikut adalah Tips agar to-do list yang Anda buat dapat menjadi efektif dalam produktivitas Anda.
1. Memilih Tools yang Tepat
Dengan beragam tools yang tersedia, tentunya Anda harus memilih tools mana yang tepat. Baik itu fisik yang menggunakan sticky notes maupun aplikasi digital seperti Click Up yang memberikan integrasi lebih lengkap.
2. Menulis Tugas Secara Spesifik
Dalam meminimalisir kesalahan, Anda dapat menulis setiap tugas secara lebih spesifik misal saja seperti Membuat PRD untuk project A. Sehingga, ketika Anda menuliskan tugas pada to-do list secara lebih spesifik dan lengkap, Anda dapat mengerjakannya dengan segera mungkin.
3. Membuat Skala Prioritas
Setiap tugas tentunya memiliki tingkat kepentingan atau urgensi masing-masing. Sehingga, sangat penting untuk membuat skala prioritas. Sehingga, Anda dapat lebih cepat untuk menyelesaikan tugas-tugas tanpa harus menghabiskan banyak waktu.
4. Membaginya Kedalam Tugas-Tugas Kecil
Jika Anda mendapatkan project yang besar, maka Anda perlu membaginya kedalam tugas-tugas kecil. Sehingga, nantinya tugas akan menjadi lebih ringan dan akan segera terselesaikan.
5. Jangan Lupa Menentukan Deadline
Tanpa adanya deadline yang jelas, tugas biasanya cenderung akan ditunda dalam pengerjaannya. Sehingga, Anda wajib untuk memberikan deadline berdasarkan susunan prioritas yang telah Anda susun.
6.Batasi Pekerjaan
Meskipun Anda dapat bekerja secara multitasking, memiliki to-do list harian yang terlalu banyak bisa saja membuat Anda kewalahan. Sehingga, untuk membatasi tugas harian tersebut, Anda dapat membatasinya menjadi beberapa pekerjaan agar nantinya lebih berkualitas.
7. Review To-do List
Selain memudahkan dalam pemantauan, mereview to-do list akan membantu mengevaluasi serta mengidentifikasi kendala yang dapat terjadi. Sehingga, nantinya Anda dapat menyusun kembali strategi untuk dapat menyelesaikan tugas yang mendekati deadline.
8. Jangan Lupa Untuk Merayakan Setiap Progress
Ketika setiap progres telah selesai, jangan melupakan untuk merayakan setiap pencapaian. Hal ini akan membantumu dalam meningkatkan motivasi dan membuat proses penyelesaian tugas semakin menyenangkan. Perayaannya pun tidak perlu yang terlihat mahal, tetapi Anda dapat memberikan tubuh untuk beristirahat sejenak setelah menyelesaikan tugas tersebut.
Kesimpulan
Semoga artikel di atas dapat membantumu dalam menciptakan produktivitas yang lebih baik. Selain itu, jika Anda memutuskan untuk menggunakan pengelola proyek dengan versi digital, Anda akan lebih mudah dalam memantau kemajuan, mengatur jadwal, dan mengaksesnya kapan saja, sehingga pekerjaan dapat berjalan lebih efisien.
Namun, jika permasalahannya adalah bingung menentukan aplikasi digital yang tepat, Anda dapat aplikasi Click Up yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan proyek yang efektif. Tertarik untuk mengimplementasikan click up kedalam management project? Anda dapat menghubungi team kami untuk dapat mendapatkan penawaran biaya berlanggan clickup dengan harga terjangkau.